Momok Wanita Usia 30-an

We Share Because We care



Apa yang dirasakan seorang wanita ketika menginjak usia 30-an? Tidak bisa selincah dan sekuat dulu, tubuh yang menjadi melar, kulit yang butuh perawatan, atau tulang yang sering terasa sakit? Ya,  ketika memasuki usia 30, setiap orang, terutama wanita, pasti akan merasakan salah satu dari hal-hal yang disebutkan di atas. Perubahan-perubahan tersebut adalah proses yang pasti terjadi sebagai bagian dari proses penuaan. Akan tetapi, beberapa wanita lebih cepat mengalaminya, sementara sebagian yang lain lebih lambat,  tergantung bagaimana kebiasaannya dalam menjaga kesehatan tubuh.

Apa saja yang berubah di usia 30?

            Perubahan yang paling mendasar adalah melambatnya proses metabolisme tubuh. Melambatnya proses metabolisme ini lah yang menjadi sebab beberapa perubahan yang tampak dan dapat dirasakan oleh wanita. Beberapa perubahan yang banyak dirasakan oleh kaum hawa usia ini adalah:
💧Berat badan bertambah
Sebagian besar wanita mungkin akan terkejut melihat timbangan berat badannya yang melonjak dari sebelumnya, dan  tidak berkurang walaupun telah menjalani program diet . Hal ini disebabkan  karena pada usia 30, proses metabolisme tubuh mulai melambat hingga hampir 5 persen setiap 10 tahun. Tubuh membakar 100 kalori lebih sedikit per hari dibandingkan saat masih berusia 25 tahun, dan pembakaran ini akan semakin berkurang hingga 200 kalori ketika menjelang usia 45 tahun.
Melarnya tubuh wanita usia ini  terkadang juga dicetuskan oleh kebiasaan yang buruk dan kurang aktivitas. Hal ini mungkin disebabkan karena sebagian orang yang memasuki usia ini tidak seaktif dulu, telah memiliki pekerjaan yang mapan, sehingga kurang berolahraga, banyak ngemil, dan banyak menghabiskan waktu untuk bersantai, atau sebaliknya, mengalami stress yang bertambah daripada sebelumnya, sehingga melampiaskan dengan banyak makan dan tidur yang mengakibatkan tubuh semakin gemuk.

💧Kulit menjadi tak secerah dan sehalus dulu.
Wanita yang berusia 30 akan mulai mengalami keriput halus di wajah, terutama sekitar bibir dan dahi. Kulit pun biasanya menjadi lebih kering, karena  berkurangnya jumlah kelenjar minyak dalam kulit. Selain itu, beberapa perubahan lain pada kulit yang mungkin tampak adalah: kulit lebih kusam, karena  proses regenerasi kulit tidak secepat sebelumnya, kulit lebih kasar, tumbuh benjolan-benjolah kecil seperti tumor jinak, kulit menjadi kendur, karena berkurangnya elastin pada kulit, kulit lebih transparan, karena epidermis (lapisan terluar ) kulit yang menipis, kulit lebih rapuh, dan mudah memar, karena penipisan dinding pembuluh darah kulit.

💧Pengeroposan tulang (osteoporosis)
Osteoporosis adalah keadaan dimana tulang menjadi keropos dan rapuh. Proses ini  mungkin tidak disadari karena tidak Nampak dari luar. Akan tetapi,  osteoporosis mengancam wanita , ketika memasuki usia 30, dan semakin meningkat risikonya ketika menopause. Penyakit  ini disebabkan karena proses pembentukan sel tulang semakin melambat mulai usia 30- 40 tahun, sedangkan proses pembuangan tulang yang rusak terus berlanjut. Akibatnya adalah tidak seimbangnya tulang yang terbentuk dan tulang yang hilang, sehingga tulang menjadi keropos dan mudah patah.

💧Rentan terhadap beberapa penyakit
Beberapa penyakit juga dapat mendatangi wanita  berusia 30, seperti: kanker payudara, rheumatoid arthritis (radang sendi yang disebabkan proses auto imun), varises vena,  dan hipertensi (tekanan darah tinggi).

Perubahan-perubahan ini selayaknya menjadi perhatian bagi kita yang telah menginjak usia 30, terutama dalam usaha menjaga kesehatan. Beberapa hal ringan, tetapi sangat bermanfaat sebaiknya dilakukan untuk mempertahankan kesehatan pada usia 30 tahun ke atas.
Beberapa hal yang sebaiknya dilakukan orang yang berusia 30 ke atas adalah:

  👍  Berolahraga.
Olahraga yang dilakukan sebaiknya yang ringan dan sifatnya aerob, seperti berjalan, jogging, bersepeda, berenang. Olahraga sebaiknya dilakukan sesering mungkin dengan durasi 30 sampai 60 menit (lebih dianjurkan selama 60 menit). Olahraga sangat berguna dalam memperbaiki metabolisme, sehingga mengurangi kelebihan berat badan,  mengaktifkan sel-sel tubuh, termasuk sel tulang, sehingga dapat mencegah osteoporosis, serta membantu meningkatkan aliran darah secara umum, sehingga oksigen dan nutrisi akan mudah sampai ke sel-sel tubuh, termasuk kulit.

  👍 Makan makanan seimbang.
Pada usia ini, wanita hendaknya lebih memperhatikan komposisi makanan yang dikonsumsi. Makanan yang baik pada usia ini adalah yang rendah lemak jenuh, kaya buah-buahan dan sayuran, menghindari makanan cepat saji atau makanan kalengan Lemak jenuh merupakan jenis lemak yang umumnya berasal dari hewan, seperti daging unggas, daging merah, dan produk susu yang kaya lemak. Lemak jenuh  dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan kadar kolesterol ‘jahat’ (LDL) dalam darah. Untuk membatasi konsumsi lemak jenuh, biasakan memeriksa kadar lemak dalam setiap kemasan makanan (batas konsumsi lemak maksimal untuk wanita adalah 20 gram), memilih daging dan produk susu rendah lemak, serta merubah cara memasak dari menggoreng menjadi memanggang, mengukus, atau merebus.

   👍 Memperbanyak aktivitas dan menghindari pekerjaan yang sifatnya statis.
     Banyak bergerak akan membantu membakar  lemak dalam tubuh.
  
  👍 Merawat kulit dari proses penuaan
Merawat kulit tidak berarti harus pergi ke dokter kulit atau salon kecantikan. Kita dapat melakukan perawatan sederhana di rumah. Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah kulit dari kerusakan, seperti: menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari,  menggunakan pelembab dan sabun pembersih wajah yang lembut bagi kulit, serta rajin-rajin membersihkan kulit.
  
  👍 Mengkonsumsi  makanan yang kaya kalsium, dan vitamin D untuk mencegah osteoporosis.

  👍Melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala.
Beberapa pemeriksaan kesehatan yang sebaiknya dilakukan adalah: pemeriksaan kesehatan secara umum, termasuk berat badan untuk mencegah kegemukan, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah, kolesterol, pemeriksaan payudara bagi wanita, dan pemeriksaan pap smear.

Proses penuaan adalah proses yang pasti terjadi, karena itu tidak perlu takut dan khawatir dengan perubahan-perubahan yang akan dialami. Bersyukurlah kepada Allah karena diberi umur yang panjang, juga berusahalah untuk menjaga usia dan kesehatan yang diberikan dengan pola hidup sehat, sehingga kita dapat mengisi sisa umur yang ada dengan lebih optimal dan bermanfaat.

 (dr. Liz Marisa Azizah)

Referensi:

Mudah Sekali Menjauhi Diri Dari Lemak Jenuh, www.alodokter.com
Health in Your 30s, www.healthywomen.org
Umur-umur Rawan Orang Mulai Gemuk, Putro Agus Hernowo, www.detikhealth.com




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Terbaru

Fiqih Muyassar : SUJUD TILAWAH DAN SUJUD SYUKUR

We Share Because We care Ringkasan Materi Kajian Ummahaat dari Kitab Fikih Muyassar Disampaikan oleh Ust. Rizqo, B.A. di Ma’had Madinat...