Mengenal Hiperemesis Gravidarum

We Share Because We care


Apa yang dirasakan sebagian besar pasangan ketika mengetahui bahwa mereka akan segera memiliki momongan baru? Tentu bahagia.  Akan tetapi, ketika kehamilan yang dialami ternyata tidak seindah yang dibayangkan, hal ini dapat membuat sebagian pasangan terutama calon ibu menjadi frustasi. Salah satu penyebab kehamilan menjadi hal yang memberatkan adalah hyperemesis gravidarum.
Apa Itu Hiperemesis Gravidarum?
Hiperemesis gravidarum didefinisikan sebagai mual dan muntah yang berlebihan se hingga mengganggu aktivitas sehari-hari atau menimbulkan komplikasi. Sebenarnya, sekitar 50-90% wanita hamil mengalami mual dan muntah yang disertai beberapa gejala lain, seperti produksi air liur berlebih, pusing, kelelahan, dan nyeri perut atas. Gejala-gejala ini biasanya muncul sejak minggu ke 9 atau ke 10 pada awal kehamilan, dan berhenti pada minggu ke 12 sampai 14. Akan tetapi, pada 1-10% wanita, gejala-gejala tersebut berlanjut hingga minggu ke 20 sampai minggu ke 22, dan pada 0,3-2% wanita hamil terjadi hiperemesiis gravidarum yang menyebabkan penderita harus di rawat inap. Gejala-gejala hiperemesis gravidarum adalah:
·       Mual dan muntah parah secara berkepanjangan.
·       Pusing.
·       Sakit kepala.
·       Jantung berdebar.
·       Sulit menelan makanan atau minuman.
·       Mengeluarkan air liur secara berlebihan.
·       Sangat sensitif terhadap aroma.
Penyebab hiperemesis gravidarum belum diketahui dengan jelas, akan tetapi terdapat beberapa faktor risiko yang mungkin menyebabkan hal ini, seperti: hiperemesis pada anggota keluarga dekat, seperti ibu atau saudara kandung, hiperemesis pada kehamilan sebelumnya, kehamilan kembar, berat badan berlebih, kehamilan pertama, dan kehamilan mola (mola hidatidosa) .
Hiperemesis gravidarum jarang menyebabkan kematian, tetapi angka kejadiannya masih cukup tinggi. Hampir 25% pasien hiperemesis gravidarum dirawat inap lebih dari sekali. Terkadang, kondisi hiperemesis yang terjadi terus-menerus dan sulit sembuh membuat pasien depresi. Pada kasus-kasus ekstrim, ibu hamil bahkan dapat merasa ingin melakukan terminasi kehamilan. Jika tidak ditangani secara baik atau diabaikan, gejala hiperemesis gravidarum bisa memburuk dan berisiko tinggi menyebabkan komplikasi, seperti:
§  Kehilangan berat badan.
§  Dehidrasi.
§  Konstipasi.
§  Ketosis atau peningkatan kadar asam keton yang bersifat toksik di dalam darah.
§  Hipotensi atau tekanan darah rendah.
§  Trombosis vena dalam atau penggumpalan darah di dalam pembuluh vena.
§  Pingsan.
§  Berat badan bayi rendah.
Selain berdampak pada fisik, gejala hiperemesis gravidarum juga dapat mengarah pada masalah lainnya, seperti:
§  Menurunnya kualitas hidup penderita akibat aktivitas sehari-hari yang terganggu, baik di dalam kehidupan keluarga, sosial, maupun pekerjaan.
§  Masalah psikologis, seperti stres, bingung, cemas, bahkan putus asa.
Nah, mengingat komplikasi yang ditimbulkan dampak berdampak cukup besar, sebaiknya segeralah memeriksakan diri ke dokter apabila Anda merasakan mual muntah yang berlebihan pada kehamilan Anda, terutama apabila Anda mengalami hal-hal berikut:
·       Air seni sedikit dan berwarna gelap
·       Mual muntah yang parah sampai tidak dapat mengkonsumsi air minum
·       Pusing ketika berdiri (hipotensi)
·       Berdebar-debar
·       Muntah darah
Bagaimana Cara Mengatasi Hyperemesis Gravidarum?
Mengatasi hyperemesis gravidarum memang tidak semudah yang dibayangkan, karena kondisi ini selain melibatkan aspek fisik, juga melibatkan aspek psikis dan sosial penderita. Akan tetapi, beberapa langkah tersebut dapat dicoba:
·    Memperbanyak istirahat. Istirahat biasanya dapat mengurangi gejala mual dan muntah, sebaliknya aktivitas fisik di luar dapat memperberat kondisi.
·    Makan ketika lapar, walaupun mungkin tidak sesuai dengan jadwal makan sebelumnya
·    Sering-seringlah mengkonsumsi snak atau makanan ringan
·    Perhatikan dan hindari makanan yang memicu mual dan muntah, juga hindarilah makanan pedas,  tinggi lemak, atau beraroma merangsang, sebaliknya, perbanyak snak-snak kering.
·    Konsumsilah makanan yang berkabohidrat dan berprotein tinggi
·    Boleh mengkonsumsi minuman bersoda untuk mengurangi rasa mual
·    Beberapa bahan tradisional seperti minuman atau makanan yang mengandung jahe atau peppermint dapat mengurangi mual dan muntah pada kehamilan
·    Apabila kondisi hyperemesis masih menetap, segera periksakan ke dokter, dokter akan memberikan obat-obatan anti mual dan muntah, seperti vitamin B6, doksilamin, dan obat anti emetic lain. Pada kasus yang parah, mungkin diperlukan rehidrasi dan obat-obatan melalui infus.
·    Beberapa terapi alternative yang dapat dicoba adalah: kapsul akar jahe dan terapi akupunktur, dengan hasil yang bervariasi.
              Selain hal-hal di atas, satu hal penting yang harus diperhatikan adalah menguatkan diri secara psikologis, dengan menerima kondisi kehamilannya, tidak banyak mengeluh, mengisi waktu dengan kegiatan ringan tetapi bermanfaat, selalu berdoa untuk kesehatan diri dan calon bayi, dan yakin bahwa insyaAllah kehamilan Anda akan berujung pada akhir yang menyenangkan!

Ummu Sholih, dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Terbaru

Fiqih Muyassar : SUJUD TILAWAH DAN SUJUD SYUKUR

We Share Because We care Ringkasan Materi Kajian Ummahaat dari Kitab Fikih Muyassar Disampaikan oleh Ust. Rizqo, B.A. di Ma’had Madinat...